11/07/2011

Apa Itu Sufi

Sufisme atau tasawwuf ( Arab : تصوف) didefinisikan oleh penganutnya sebagai batin, mistis dimensi Islam . Seorang praktisi tradisi ini umumnya dikenal sebagai Sufi (صوفي). Nama lain untuk Sufi Darwis .
Ulama Sufi klasik telah didefinisikan tasawuf sebagai "ilmu yang bertujuan adalah perbaikan hati dan mengubahnya jauh dari semua yang lain selain Allah." Atau, dalam kata-kata dari Darqawi guru Sufi Ahmad bin Ajiba , "ilmu pengetahuan melalui yang satu dapat mengetahui bagaimana untuk bepergian ke hadirat Ilahi batin seseorang, memurnikan dari kotoran, dan memperindah dengan berbagai sifat terpuji ".

Sufi klasik yang ditandai dengan keterikatan mereka terhadap dzikir (suatu praktek mengulangi nama Allah) dan asketisme . Sufisme mendapatkan pengikut di antara sejumlah Muslim sebagai reaksi terhadap keduniawian dari awal kekhalifahan Umayyah (661-750 Masehi). Sufi telah membentang beberapa benua dan budaya selama milenium, pada awalnya dinyatakan melalui bahasa Arab, kemudian melalui Persia, Turki dan bahasa selusin lainnya."Order" ( ṭuruq ), yang baik Sunni atau Syi'ah atau campuran dalam doktrin, jejak banyak dari ajaran asli mereka dari Nabi Islam Muhammad melalui sepupunya Ali ' , dengan pengecualian dari Naqshbandi yang melacak asal-usul mereka melalui yang pertama Khalifah , Abu Bakar . eksklusif lainnya sekolah Sufisme menggambarkan diri mereka dengan jelas sufi. modern sufi sering melakukan dzikir setelah kesimpulan dari doa.
Beberapa sarjana Islam mendefinisikan utama sufisme hanya sebagai nama untuk dimensi batin atau esoteris Islam. René Guénon di 'Wawasan ke esoterisme Islam dan Taoisme' (Sophia perennis 2003) berpendapat bahwa Sufisme adalah aspek esoteris Islam didukung dan dilengkapi dengan praktek eksoteris dan hukum Islam. Namun, menurut Shah Idries , filosofi Sufi bersifat universal di alam, akarnya mendahului munculnya Islam dan modern-hari agama, kecuali mungkin Buddhisme dan Jainisme ,. juga, sebagian Muslim menganggap Sufisme di luar lingkup Islam.

Dua asal usul 'Sufi' kata telah diusulkan. Umumnya, akar leksikal kata tersebut ditelusuri ke Safa (صفا), yang dalam bahasa Arab berarti "kemurnian". Asal lain adalah SUF (صوف), " wol ", merujuk pada jubah sederhana para pertapa Muslim awal kenakan.
Keduanya digabungkan oleh sufi al-Rudhabari yang mengatakan, "Sufi adalah orang yang memakai wol di atas kemurnian." Para jubah wol kadang penunjukan inisiasi mereka ke urutan sufi [ kutipan diperlukan ]. Lain telah menyarankan bahwa kata berasal dari istilah sebagai ahl-ṣuffah ('orang-orang bangku'), yang sekelompok sahabat miskin Nabi Muhammad yang mengadakan pertemuan rutin ḏikr .
Menurut cendekiawan abad pertengahan Iran Abu Rayhan al-Biruni kata Sufi adalah derivasi dari kata Yunani "sofia" (σοφία), yang berarti kebijaksanaan.

Sementara semua Muslim percaya bahwa mereka berada di jalur kepada Tuhan dan berharap untuk menjadi dekat dengan Allah di surga-setelah kematian dan setelah "pengadilan terakhir"-sufi juga percaya bahwa adalah mungkin untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk lebih merangkul Kehadiran Ilahi dalam kehidupan ini. Tujuan utama dari Sufi semua adalah untuk mencari Allah yang menyenangkan dengan bekerja untuk memulihkan keadaan dalam diri mereka sendiri primordial fitra , dijelaskan dalam Al Qur'an. Dalam hal ini tidak ada satu negara tidak menentang Tuhan, dan semua dilakukan dengan motivasi tunggal kasih Allah . Sebuah konsekuensi sekunder dari ini adalah bahwa pencari dapat dipimpin untuk meninggalkan semua pengertian tentang dualisme atau multiplisitas, termasuk konsepsi individu diri sendiri , dan untuk mewujudkan Persatuan Ilahi . [ kutipan diperlukan ]
Jadi, tasawuf telah ditandai [ oleh siapa? ] sebagai ilmu dari negara bagian diri yang lebih rendah (ego), dan cara memurnikan diri ini lebih rendah dari sifat-sifat tercela, sementara menghiasinya bukan dengan apa yang patut dipuji, apakah Bukankah ini proses pembersihan dan pemurnian jantung dalam waktu dihargai oleh pengetahuan esoteris Allah. Hal ini dapat dipahami dalam kerangka dua tipe dasar hukum ( fiqh ), hukum luar yang bersangkutan dengan tindakan, dan hukum batin yang bersangkutan dengan hati manusia [. rujukan? ] Hukum luar terdiri dari aturan-aturan yang berkaitan dengan ibadah, transaksi, pernikahan , peradilan peraturan, hukum dan kriminal-apa yang sering disebut, sedikit terlalu luas, seperti qanun . Hukum dalam tasawuf terdiri dari aturan tentang pertobatan dari dosa, pembersihan kualitas hina dan sifat jahat karakter, dan perhiasan dengan kebajikan dan karakter yang baik.
Sufisme, yang merupakan istilah umum untuk mistisisme Islam, pada awalnya sebuah respon terhadap meningkatnya kekuasaan duniawi pemimpin Islam sebagai agama yang menyebar selama abad ke-8 dan pergeseran sesuai mereka dalam fokus terhadap masalah materialistik dan politik [. rujukan? ] Secara khusus, Harun al-Rasyid , yang kelima Abbasiyah Khalifah , menarik perhatian negatif untuk gaya hidup mewah, termasuk peralatan makan emas dan perak, yang luas harem dan budak banyak dan pengikut, yang berdiri di kontras dengan kesederhanaan relatif hidup Muhammad. [ kutipan diperlukan ]
Para sufi awal yang khas tinggal di sebuah sel masjid dan mengajar sekelompok kecil murid. Sejauh mana tasawuf dipengaruhi oleh Buddha dan mistisisme Hindu, dan dengan contoh pertapa Kristen dan para bhikkhu, yang diperdebatkan, tapi disiplin diri dan konsentrasi pada Allah cepat menyebabkan kepercayaan bahwa dengan memadamkan diri dan melalui semangat mencintai karena Allah adalah mungkin untuk mempertahankan persatuan dengan yang ilahi dalam diri manusia yang mencair.

1 komentar: